Initial inspection adalah pemeriksaan awal. Casing dari konsumen diperiksa dengan mesin secara manual untuk menentukan apakah casing tersebut bisa diproses lebih lanjut atau tidak. Jika tidak, maka casing akan dikembalikan lagi ke konsumen sebagai ban afkir.
Ada 6 bagian yang diperiksa pada proses ini.
Pada mesin ini dilakukan proses pemarutan dengan tujuan membuang sisa telapak ban lama dan untuk mendapatkan permukaan kasar sesuai standar RMA 2 (tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar). Permukaan kasar ini dimaksudkan supaya cushion gum bisa menempel dengan kuat pada permukaan casing. Sebelum di-buffing ban terlebih dulu diberi tekanan angin standar, dikondisikan seperti pemakaian sebenarnya, kemudian diputar lalu di-buffing dengan tujuan untuk mendapatkan keseragaman bentuk (uniformity) buffing radius yang tepat.
Di station ini bertujuan membersihkan luka pada ban yang disebabkan oleh benda tajam, batu, dan lain sebagainya. Penanganan luka pada ban radial (steel belted) akan berbeda dengan ban bias (nylon) baik dari segi peralatan dan caranya. Karena tingkat kebersihan luka juga akan berpengaruh terhadap hasil vulkanisir itu sendiri.
Luka yang sudah di-cementing kemudian diisi lagi dengan karet yang sudah dipanaskan dengan extruder gun sampai luka terisi penuh oleh karet.
Apabila ban memerlukan repair (tambalan) baik itu lubang paku, section, reinforce dan tambalan lain, perbaikan tersebut dilakukan di station ini.
Penempelan talapak baru yang sebelumnya sudah diberi cushion gum lebih dahulu.
Pada tahap persiapan sebelum vulkanisasi, casing yang sudah dipasang telapak kemudian ditutup dengan karet envelope untuk menjaga agar tetap ada tekanan yang bekerja menekan telapak termasuk void (groove).
Curing dilakukan dalam sebuah mesin yang disebut Chamber. Jenis chamber yang digunakan adalah chamber dengan teknologi DPC. Dimana chamber mempunyai 3 tekanan sekaligus dalam waktu bersamaan.
Setelah proses curing selesai, ban yang sudah jadi masih harus melewati satu proses lagi yaitu Final Inspection untuk memastikan proses sebelumnya sudah sesuai standar atau belum. Hal-hal yang dicek antara lain: kelengketan telapak dengan casing, dipastikan tidak ada udara yang terjebak antara telapak dan casing, tidak ada kontaminasi, sambungan di telapak sudah sempurna, dan bagian Inner liner tidak ada sepa atau hal lain yang bersifat kosmetik. Setelah semua kriteria ini terpenuhi ban diperbolehkan untuk dikirim.
© 2020 PT Citra Maju Sentosa. All Rights Reserved. Crafted by Dharma Digital