Tentang Vulkanisir

PT CITRA MAJU SENTOSA

TENTANG RETREAD (VULKANISIR)

Cara moderen untuk mendapatkan performa seperti ban baru dengan harga terjangkau yaitu dengan RETREAD (VULKANISIR). Vulkanisir era sekarang sudah diproses dengan teknologi moderen dan canggih sehingga keamanan, daya tahan, jarak tempuh, dan performa bisa menandingi ban baru. Vulkanisir seperti ini dikelola manajemen berskala industri / pabrikan dengan standar tinggi

Berdasarkan prosesnya vulkanisir dibagi 2 (dua)


Vulkanisir Panas (Hot Cure / Hot Process)

Vulkanisir proses panas ini tergolong teknologi lama sebelum vulkanisir proses dingin ditemukan. Proses vulkanisir panas secara singkat sebagai berikut :
Ban gundul (casing) setelah di-buffing dilapisi karet mentah (camel back) sehingga berbentuk donat kemudian dimasukan ke cetakan (mold) untuk mendapatkan pola telapak. Selama di dalam mold donat hitam itu diberi suhu sekitar 160 derajat celcius untuk mematangkan camel back.
Suhu setinggi itu hampir sama dengan suhu yang dipakai proses ban baru. Maka dari itu disebut VULKANISIR PANAS.


Vulkanisir Dingin (Pre Cure / Cold Process)

Teknologi vulkanisir dingin (Pre Cure) adalah teknologi yang lebih mutakhir dibandingkan dengan vulkanisir panas (Hot Cure). Proses vulkanisir dingin secara singkat sebagai berikut:
Telapak ban dicetak secara terpisah sedemikian rupa dengan suhu dan tekanan optimal sehingga mendapatkan kepadatan karet maksimal. Kemudian karet yang sudah ada pola telapaknya ini dilekatkan ke casing dengan media perekat CUSHION GUM. Casing yang sudah ditempel telapak dimasukan ke Chamber, dipanaskan 99 derajat celcius untuk mematangkan Cushion Gum.
Proses dengan suhu 99 derajat celcius itu disebut VULKANISIR DINGIN.

PT CITRA MAJU SENTOSA

Vulkanisir Panas vs Vulkanisir Dingin

Perbandingan performa antara vulkanisir panas dan vulkanisir dingin
  1. Jarak tempuh
    Jarak tempuh vulkanisir dingin lebih bagus dibandingkan dengan vulkanisir panas. Karet telapak pada vulkanisir dingin jauh lebih padat dan solid karena diproses secara terpisah dengan tekanan tinggi sehingga ketahanan kikisnya sangat bagus. Sedangkan pada vulkanisir panas proses pembentukan pola telapaknya terjadi di dalam cetakan bersama-sama casingnya. Sehingga tekanan yang dipakai tidak bisa maksimal. Hasilnya, karet telapaknya tidak sepadat dibanding vulkanisir dingin.
  1. Ketahanan casing
    Proses vulkanisir panas membuat casing menjadi rapuh karena diproses dengan suhu tinggi. Seperti kita ketahui, musuh utama karet adalah panas. Bahan baku untuk membuat casing adalah material yang 90% berasal dari turunan minyak bumi. Oleh karena itu panas adalah faktor utama penyebab berkurangnya kualitas casing itu sendiri. Sedangkan vulkanisir dingin, diproses dengan suhu relatif rendah sehingga tidak merusak casing.

PT CITRA MAJU SENTOSA

BAGAIMANA VULKANISIR HASIL PRODUKSI PT. CMS?

PT Citra Maju Sentosa memproduksi vulkanisir dengan sistem dingin (Cold Process) dengan teknologi, mesin, dan quality control dari Amerika

Berikut proses produksi vulkanisir dingin :

PT Citra Maju Sentosa

INITIAL INSPECTION

Initial inspection adalah pemeriksaan awal. Casing dari konsumen diperiksa dengan mesin secara manual untuk menentukan apakah casing tersebut bisa diproses lebih lanjut atau tidak. Jika tidak, maka casing akan dikembalikan lagi ke konsumen sebagai ban afkir.

Ada 6 bagian yang diperiksa pada proses ini.

    • Bagian dalam (Inner Liner)
    • Bagian bead di kedua sisi
    • Bagian sidewall di kedua sisi
    • Bagian telapak
PT Citra Maju Sentosa

BUFFING

Pada mesin ini dilakukan proses pemarutan dengan tujuan membuang sisa telapak ban lama dan untuk mendapatkan permukaan kasar sesuai standar RMA 2 (tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar). Permukaan kasar ini dimaksudkan supaya cushion gum bisa menempel dengan kuat pada permukaan casing. Sebelum di-buffing ban terlebih dulu diberi tekanan angin standar, dikondisikan seperti pemakaian sebenarnya, kemudian diputar lalu di-buffing dengan tujuan untuk mendapatkan keseragaman bentuk (uniformity) buffing radius yang tepat.


PT Citra Maju Sentosa

SKIVING

Di station ini bertujuan membersihkan luka pada ban yang disebabkan oleh benda tajam, batu, dan lain sebagainya. Penanganan luka pada ban radial (steel belted) akan berbeda dengan ban bias (nylon) baik dari segi peralatan dan caranya. Karena tingkat kebersihan luka juga akan berpengaruh terhadap hasil vulkanisir itu sendiri.

PT Citra Maju Sentosa

FILLING

Luka yang sudah di-cementing kemudian diisi lagi dengan karet yang sudah dipanaskan dengan extruder gun sampai luka terisi penuh oleh karet.

PT Citra Maju Sentosa

REPAIRING

Apabila ban memerlukan repair (tambalan) baik itu lubang paku, section, reinforce dan tambalan lain, perbaikan tersebut dilakukan di station ini.


PT Citra Maju Sentosa

BUILDING

Penempelan talapak baru yang sebelumnya sudah diberi cushion gum lebih dahulu.

PT Citra Maju Sentosa

ENVELOPING

Pada tahap persiapan sebelum vulkanisasi, casing yang sudah dipasang telapak kemudian ditutup dengan karet envelope untuk menjaga agar tetap ada tekanan yang bekerja menekan telapak termasuk void (groove).


PT Citra Maju Sentosa

CURING

Curing dilakukan dalam sebuah mesin yang disebut Chamber. Jenis chamber yang digunakan adalah chamber dengan teknologi DPC. Dimana chamber mempunyai 3 tekanan sekaligus dalam waktu bersamaan.

PT Citra Maju Sentosa

FINAL INSPECTION

Setelah proses curing selesai, ban yang sudah jadi masih harus melewati satu proses lagi yaitu Final Inspection untuk memastikan proses sebelumnya sudah sesuai standar atau belum. Hal-hal yang dicek antara lain: kelengketan telapak dengan casing, dipastikan tidak ada udara yang terjebak antara telapak dan casing, tidak ada kontaminasi, sambungan di telapak sudah sempurna, dan bagian Inner liner tidak ada sepa atau hal lain yang bersifat kosmetik. Setelah semua kriteria ini terpenuhi ban diperbolehkan untuk dikirim.


PT Citra Maju Sentosa

Kantor & Pabrik

Jl. Jababeka XVII B, Blok U 34 C, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530.
PETA PETUNJUK

Google Maps


PT Citra Maju Sentosa



© 2020 PT Citra Maju Sentosa. All Rights Reserved. Crafted by Dharma Digital